Selasa, 13 Maret 2012

SaTLan BK BelaJar


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Kelas                                       : X
Semeter                                   : I/2011-2012
Hari/tanggal                            : Rabu/7 Februari 2012
Alokasi waktu                         : 1x45 menit
Tempat                                    : Ruang kelas X A
Layanan                                  : Layanan Pembelajaran
Bidang                                    : Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan        : Cara Belajar yang Efektif
Fungsi Layanan                       : Pemahaman
A.      Tujuan (Khusus)

1.    Siswa dapat memahami cara-cara dalam belajar yang efektif
2.    Siswa mampu menerapkan cara belajar yang efektif

B.       Materi                               :  Cara Belajar yang Efektif (terlampir)
C.       Metode                             :  Ceramah, Tanya jawab, Permainan
D.      Kegiatan Awal                 : Mengucapkan salam, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran siswa.
            Kegiatan Inti:
            Eksplorasi:
1.      Menginformasikan materi yang akan dibahas.
2.      Menjelaskan tujuan penyampaian materi.
Elaborasi:
1.      Siswa menuliskan kendala-kendala yang dialami dalam belajar.
2.      Siswa membacakan hasilnya.
Konfirmasi:
1.      Guru Pembimbing memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi dari berbagai sumber.
2.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam rangka meningkatkan semangat dalam proses belajar.
Kegiatan Akhir:
·         Siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
·         Pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima materi layanan.

E.       Alat dan Media                : LCD, Spidol, Kertas
F.        Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut

            Penilaian Proses
            Mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
            Pedoman Observasi

No
Pedoman Observasi
Keterangan
1.
Mata atau pandangan siswa terhadap guru pembimbing saat menjelaskan.

2.
Antusiasme siswa terhadap materi.

3.
Ketenangan siswa saat memperhatikan materi.

4.
Respon siswa tentang pengetahuan yang didapat dari penjelasan materi yang disampaikan.

5.
Respon siswa terhadap yang didapat dari permainan.


Penilaian Hasil
Ø  Laiseg
Memberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.
Pertanyaan lisan:
·         Siapa yang mempunyai jadwal atau waktu hariannya terjadwal?
·         Mulai jam berapa kalian belajar?
·         Apakah ada waktu bermain?
Ø  Laijapen
Memantau perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan dalam proses belajar.
Ø  Laijapang
Melakukan interview pada siswa dalam jangka waktu kurang lebih 1 bulan untuk menilai peningkatan dalam proses belajar.
Pedoman interview:
·         Bagaimana cara anda belajar?
·         Apa hambatan yang dimiliki untuk belajar?
·         Apakah ada kendala saat belajar?

G.      Keterkaitan Layanan ini dengan Kegiatan Pendukung
Himpunan Data.

H.      Pendidikan karakter yang ditanamkan
- Siswa akan dapat mengatur waktu dalam belajar atau disiplin waktu.
- Siswa akan dapat mengembangkan materi-materi pelajaran yang sudah di pelajari atau dibaca.

I.    Buku Sumber                    : 
J.         Biaya                                : Kertas (Rp.1000,-)

Salatiga, 7 Februari 2012

Mengetahui                                                                                                           Kepala Sekolah                                                           Perencana Layanan

Icha Ayu Putriyani                                                                  Dewi Lestari
132010114                                                                              132010124
                                                                                               


            Lampiran 1

Materi Cara Belajar Efektif
Beberapa siswa, belajar dan termotivasi untuk belajar datang secara alami. Jika anda membaca halaman ini, kemungkinan bahwa Anda bukan salah satu dari mereka, tetapi jangan putus asa, ada harapan! Keberhasilan Anda di sekolah dan perguruan tinggi tergantung pada kemampuan Anda untuk belajar secara efektif dan efisien. Ini hidup Anda, waktu Anda, dan masa depan Anda. Waktu sangat berharga dan jangan di sia-siakan.
1.      Mengatur Jadwal
Bahkan sebelum Anda mulai berpikir tentang proses belajar, Anda harus mengembangkan jadwal. Jika Anda tidak memiliki jadwal atau rencana untuk belajar, maka Anda tidak akan memiliki cara mengalokasikan waktu berharga Anda ketika hal tak terduga muncul. Seorang yang baik, dipikirkan dengan baik jadwal tepat. Semua jadwal harus dibuat dengan gagasan bahwa mereka dapat direvisi. Sebuah jadwal harus mempertimbangkan setiap kelas, laboratorium, kuliah, acara sosial, dan pekerjaan lain di mana Anda terlibat.
2.      Belajar untuk program pembacaan
Untuk kelas yang membutuhkan bacaan, seperti bahasa asing, pastikan untuk menjadwalkan waktu studi sebelum kelas. Gunakan waktu untuk berlatih. Kadang-kadang, praktek dengan orang lain dapat membantu mempertajam keterampilan Anda dalam jangka waktu belajar sebelum kelas.
3.      Tempat Yang Tepat Untuk belajar
Anda bisa belajar di mana saja. Jelas, beberapa tempat lebih baik daripada yang lain adalah Perpustakaan atau kamar pribadi yang terbaik. Yang terpenting tempat Anda memilih untuk belajar tidak boleh mengganggu.
4.      Konsentrasi Belajar
Dalam konsentrasi, kita mengumpulkan semua energi yang terpencar untuk fokus hanya kepada satu hal. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran. Konsentrasi berarti kita dapat memfokuskan pikiran kepada satu hal.
5.      Keterampilan berpikir
Setiap orang memiliki kemampuan berpikir, tetapi gunakan sedikit secara efektif. keterampilan berpikir yang efektif tidak dapat dipelajari, tetapi harus dibangun selama jangka waktu tertentu. pemikir Bagus melihat kemungkinan di mana orang lain hanya melihat mati-berakhir. Jika Anda bukan seorang pemikir yang baik, mulai sekarang dengan mengembangkan kebiasaan yang membuat Anda mengajukan pertanyaan diri Anda baca. Bicaralah dengan siswa lain yang Anda merasa adalah pemikir yang baik. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka lakukan ketika mereka berpikir kritis atau kreatif. Sering kali, Anda dapat mengambil informasi berharga untuk membantu Anda menjadi seorang pemikir yang lebih baik.
6.      Ajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan untuk belajar. Hal-hal penting untuk belajar biasanya jawaban atas pertanyaan. Pertanyaan harus mengarah pada penekanan pada apa, mengapa, bagaimana, kapan, siapa dan di mana isi studi. Ajukan pertanyaan diri Anda membaca atau belajar. Ketika Anda menjawab mereka, Anda akan membantu untuk memahami materi dan ingat lebih mudah karena prosesnya akan membuat kesan pada Anda. Hal-hal yang membuat tayangan yang lebih berarti, dan karena itu lebih mudah diingat. Jangan takut untuk menulis pertanyaan Anda di margin buku teks, pada catatan kuliah, atau di mana pun itu masuk akal.
7.      Membaca
Sebuah cara utama dengan mana Anda mendapatkan informasi adalah melalui membaca. Di perguruan tinggi Anda diharapkan untuk membaca lebih banyak daripada di sekolah tinggi. Jangan berasumsi hanya karena Anda telah “membaca” tugas yang adalah akhir dari itu. Anda harus belajar untuk membaca dengan tujuan. Dalam mempelajari, Anda dapat membaca tugas yang sama tiga atau empat kali, setiap kali dengan tujuan yang berbeda. Anda harus tahu sebelum Anda mulai membaca apa tujuan Anda adalah, dan membaca. Membaca TIDAK menjalankan mata Anda melalui buku pelajaran. Ketika Anda membaca, membaca aktif. Baca untuk menjawab pertanyaan Anda bertanya pada diri sendiri atau pertanyaan instruktur atau penulis telah meminta. Selalu waspada untuk mencetak tebal atau dicetak miring. Para penulis bermaksud bahwa bahan ini mendapat penekanan khusus. Juga, ketika Anda membaca, pastikan untuk membaca semuanya, termasuk tabel, grafik dan ilustrasi. Sering kali tabel, grafik dan ilustrasi dapat menyampaikan ide lebih kuat daripada teks tertulis.
8.      Ucapkan
Ketika Anda membaca, Anda berhenti membaca secara berkala untuk mengingat apa yang Anda baca. Cobalah untuk mengingat judul utama, ide-ide penting dari konsep yang disajikan dalam huruf tebal atau huruf miring, dan apa grafik, diagram atau ilustrasi menunjukkan. Cobalah untuk mengembangkan konsep keseluruhan apa yang telah Anda baca dalam kata-kata Anda sendiri dan pikiran. Cobalah untuk terhubung hal-hal yang baru saja Anda baca untuk hal-hal yang sudah tahu. Ketika Anda melakukan ini secara berkala, maka kemungkinan Anda akan mengingat lebih banyak dan bisa mengingat bahan untuk makalah, esai dan tes obyektif.
9.      Review
Review adalah survei dari apa yang telah tertutup. Ini adalah review dari apa yang seharusnya Anda capai, bukan apa yang akan Anda lakukan. Membaca ulang adalah bagian penting dari proses pemeriksaan. Membaca kembali dengan gagasan bahwa Anda mengukur apa yang telah Anda diperoleh dari proses tersebut. Selama pemeriksaan, ini saat yang baik untuk pergi lebih dari catatan anda telah diambil untuk membantu menjelaskan poin Anda mungkin telah terjawab atau tidak mengerti. Waktu terbaik untuk meninjau adalah ketika Anda baru saja selesai mempelajari sesuatu. Jangan tunggu sampai sebelum pemeriksaan untuk memulai proses pemeriksaan. Sebelum pemeriksaan, melakukan review akhir. Jika Anda mengatur waktu Anda, review akhir dapat dianggap sebagai “fine-tuning” pengetahuan Anda tentang bahan tersebut. Ribuan sekolah menengah dan mahasiswa telah mengikuti langkah-langkah SQ3R untuk mencapai nilai yang lebih tinggi dengan lebih sedikit stress.
10.  Mencatat
Seperti membaca, mencatat adalah keterampilan yang harus dipelajari dan disempurnakan. Hampir selalu, mencatat, atau kurangnya, adalah kekurangan konstan dalam metode studi banyak sekolah menengah dan mahasiswa. Belajar bahan catatan baik mengambil agak mudah, menerapkannya untuk situasi Anda sendiri tergantung pada seberapa serius Anda menjadi seorang mahasiswa yang sukses. Anda harus belajar untuk mencatat secara logis dan terbaca.
11.  Garis Tulisan atau Menandai Tulisan yang di Baca
Pertama-tama, jangan menggarisbawahi. Gunakan stabilo. Pengalaman menunjukkan bahwa bagian-bagian teks yang disorot lebih mudah diingat daripada bagian yang sama digarisbawahi. Dalam menjelaskan teks, jangan hanya membaca bersama dan menyoroti apa yang tampaknya kata-kata penting. teknik itu jarang bekerja. Tindakan menguraikan bekerja jauh lebih baik.

Lampiran 2
            Salah satu permainan dalam cara belajar yang efektif adalah cara meningkatkan konsentrasi. Permainan ini dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas.
TUPAI DAN PEMBURU
1.      Buatlah kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang. Yang terdiri dari 2 orang sebagai pohon, 1 sebagai tupai dan 1 orang sebagai kijang.
2.      Dua menjadi pohonnya dengan berpegangan tangan dan berdiri, kemudian satu orang sebagai tupai yang duduk diantara pohon atau di bawah pohon.
3.      Instruktur akan memberi aba-aba “Awas, ada pemburu!”, maka yang merasa sebagai kijang akan berpindah kepohon yang lain.
4.      Kalau ada aba-aba “Awas, ada kebakaran!”, maka yang meras asebagai pohon akan berpindah ke pohon lainnya.
5.      Kalau ada aba-aba kebanjiran yang menjadi pohon menyelamatkan kijang dengan cara menggendongnya.



LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Judul/spesifikasi layanan         : Cara Belajar yang Efektif
Kelas                                       : X.A / SMA Negeri 1 Pringsurat
Waktu pelaksanaan                 : Rabu, 7 Februari 2012
Hasil
Kegiatan awal
Mengucapkan salam pada siswa-siswi di kelas, memeriksa situasi dan kondisi kelas, memeriksa kehadiran siswa atau mengabsen siapa yang tidak masuk kelas pada hari itu.

Kegiatan inti
Menginformasikan materi yang akan dibahas atau yang akan diberikan, menjelaskan tujuan penyampaian materi yang akan disampaikan, kemudain siswa-siswi diminta untuk menuliskan jadwal harian siswa. Setelah itu siswa-siswi diminta untuk membacakan hasil yang telah dikerjakan. Dan disini guru pembimbing selanjutkan akan memberkan umpan balik terhadap apa yang telah disampaikan dan dikerjakan sebelumnya, guru juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi dalam rangka meningkatkan belajar yang efektif.

Kegiatan akhir
Setelah kegiatan selesai siswa-siswi diminta untuk menyampaikan manfaat apa aja yang diperoleh setelah menerima materi dan permainan layanan tadi. Dan disini pembimbing juga menyampaikan harapan-harapan kepada seluruh siswa-siswi dalam kelas setelah menerima materi layanan yang telah diberikan.
Hasil proses awal
Siswa-siswi sangat antusias karena pada mata pelajaran sebelumnya terasa membosankan dan membuat mereka merasa jenuh.




       Lampiran 3

       Pedoman Observasi

No
Pedoman Observasi
Keterangan
1.
Mata atau pandangan siswa terhadap guru pembimbing saat menjelaskan.
Memperhatikan
2.
Antusiasme siswa terhadap materi.
Antusias terhadap materi yang diberikan dan memperhatikan dengan seksama.
3.
Ketenangan siswa saat memperhatikan materi.
Tenang dan memperhatikan saat guru pembimbing memberikan dan menjelaskan materi.
4.
Respon siswa tentang pengetahuan yang didapat dari penjelasan materi yang disampaikan.
Adanya proses tanya jawab saat memberikan materi, berupa respon dari siswa mengenai apa yang dialami atau yang kurang jelas dari diri siswa.
5.
Respon siswa terhadap yang didapat dari permainan.
Siswa dapat mengutarakan berbagai manfaat yang telah diperoleh dari permainan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar